Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Jadi Blogger Populer itu Berat, Tapi Akan Mudah Jika Tahu Caranya


Tips – Beberapa tahun belakangan  blogger menjadi kata yang lekat diperbincangkan masyarakat. Seiring lumrahnya pemakaian media sosial membuat blog juga menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari banyak orang.


Wajar saja, media ini memberikan kemudahan sarana komunikasi sekaligus jembatan aktualisasi diri. Kedua hal tersebut, menurut psikolog Abraham Maslow, adalah kebutuhan terdalam bagi seorang manusia.

Namun, baru pada pertengahan 2000 budaya ngeblog mencuri perhatian dunia. Blog tidak hanya digunakan sebagai tempat curhat, tetapi berkembang menjadi jembatan media kampanye sekaligus membuka ruang bagi publik menyampaikan berita, atau dikenal dengan citizen journalism.

Perkembangannya menciptakan area spesifik dalam penulisan blog, seperti fashion blogger, food blogger atau sport blogger. Selain itu, kepopulerannya juga membuat blog menjadi salah satu media yang potensial untuk dikomersialisasi.

The Huffington Post, misalnya. Media yang berawal dari sebuah wadah berita dan blog itu kini memiliki pendapatan lebih dari dua juta dolar AS per bulan.

Tak main-main. Jika sangat jeli, blogger memang bisa memanfaatkan pemasangan iklan, sponsor atau ulasan berbayar sebagai cara mencari penghasilan.

Konten strategi

Orang awam akan mengira, penulisan sebuah blog mudah saja karena tidak terikat oleh peraturan selain dari si pemiliknya. Kenyataannya, menjadi blogger tak semudah itu. Diperlukan strategi matang untuk membuat konten menarik dan mengumpulkan pembaca yang setia.

Pertama, bagi blogger profesional, tak ada satu hal pun terlewat tanpa menjadi cerita. Mereka harus menciptakan konten “seksi” untuk membuat pembaca dan pemasang iklan tertarik.

Kedua, jika ingin pembaca betah membaca tulisan mereka, blogger juga harus bijak memilih tampilan blog. Halaman tulisan yang terlihat “kotor” bisa jadi malah membuat pembaca kabur.

Ketiga, pintar menyiasati search engine. Ini salah satu metode agar tulisan dalam blog mudah ditelusuri orang banyak. Cara ini biasanya diikuti dengan sosialisasi di dunia maya, yang artinya berteman sesama blogger.

Jika sebuah blog memiliki banyak komentar dan disukai orang lain, tentunya akan lebih mudah dikenal dan ditemukan.

Teknologi support

Satu hal menguntungkan menjadi blogger adalah mengatur waktu dan tempat kerja sendiri. Mereka bisa bekerja di rumah, ketika berwisata atau dari satu kafe ke kafe lainnya.

Namun, untuk membuat kinerjanya maksimal diperlukan teknologi pendamping yang mumpuni.

Umumnya, blogger membutuhkan ponsel cerdas dengan kinerja cepat agar mereka sigap memperbarui blog dan update informasi terkini.

Cukup satu tema yang spesifik

Apakah teman-teman ingin membuat blog tentang cooking, crafting, atau hacking? Teman-teman harus memilih salah satu agar pembaca memiliki alasan yang jelas untuk berkunjung ke blog teman-teman.

Teman-teman bisa memperjelas target audience jika sudah memilih tema yang spesifik. Pastikan memilih tema yang teman-teman suka.

Beda itu penting

Berhenti mencoba meniru blog yang sudah “sukses”. Cobalah temukan hal-hal unik yang teman-teman miliki. Sebab jadi beda itu sangat penting untuk branding.

Jangan bohong!

Jangan menulis tentang kebohongan dan jangan menggunakan cara “licik” untuk meningkatkan pengunjung teman-teman. Percayalah apa yang teman-teman peroleh dengan cepat juga akan cepat hilang.

Desain blog yang simple tapi elegan

Desain yang kurang enak dipandang akan membuat calon pembaca blog teman-teman enggan untuk berkunjung kembali.

Tangkap ide yang datang kapan saja

Faktanya, ide cemerlang bisa muncul di toilet, di depan TV, di warung bakso, bahkan di atas genteng rumah. Pastikan teman-teman siap sedia menangkap ide itu dan menuliskannya.

Bicara melalui tulisan

Konten adalah kekuatan utama dari sebuah blog. Menulislah seperti saat teman-teman berbicara langsung agar mereka merasa dekat dengan teman-teman saat membacanya.

Buat judul yang menarik dan tambahkan gambar serta data yang valid ke dalam tulisan teman-teman.

Suguhkan tulisan evergreen

Buatlah tulisan yang bisa digunakan sebagai “sumber” sampai kapanpun tanpa batasan waktu tertentu. Hindari membuat konten yang terlalu panjang dan bertele-tele, cukup 300-1000 kata saja. Jangan lupa buat plug-in untuk memudahkan pembaca menge-share tulisan di blog teman-teman.

Bangun networking dengan pembaca

Media sosial bisa menjadi pilihan terbaik untuk memperluas networking dan beri kesempatan orang lain untuk memesang guest post di blog teman-teman.

Jangan terlalu sering mengukur statistik

Beberapa bulan saja tidak cukup untuk membuat blog teman-teman memiliki banyak pengunjung. Bersabarlah, semua akan indah pada waktunya.

Konsistensi

Posting tulisan sesering mungkin, kalau perlu buatlah jadwal posting. Tapi jangan paksakan untuk membuat postingan setiap hari jika hasilnya tidak bagus.

Jangan bosan belajar

Lihatlah apa yang dilakukan oleh para ahli, cukup ketik “blogging tips” di google, sejuta ilmu tentang blogging bisa teman-teman dapatkan disana.

Terus berusaha

Membuat blog dan memperoleh keuntungan darinya bukanlah seperti bermain sulap. Semua itu perlu waktu, slowly and honestly.

Jangan lupa untuk membuat postingan yang bermanfaat bagi banyak orang, pertimbangkan sisi moral dan sosial dari tulisan teman-teman.

Jadi selain bisa memberikan keuntungan finansial, tulisan teman-teman juga bisa “menggubah” dunia. Happy blogging!

Bagaimana, tertarik menjadi blogger yang populer?

Posting Komentar untuk "Jadi Blogger Populer itu Berat, Tapi Akan Mudah Jika Tahu Caranya"