Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beberapa Hal Ini Wajib Dilakukan Setelah Menulis Artikel Blog


Tips – Pada kesempatan yang baik ini, saya akan berbagi beberapa hal yang wajib teman-teman lakukan setelah menulis artikel di blog teman-teman. Semoga bermanfaat.


Sebelumnya, saya ingin menanyai; apa yang teman-teman lakukan setelah teman-teman menulis sebuah artikel di blog?


Apakah teman-teman langsung membuat artikel yang berikutnya?


Barangkali jawaban teman-teman bisa iya bisa tidak. Nah, bagi yang menjawab iya, ada baiknya menyimak beberapa hal berikut ini.


Ketahuilah bawah content marketing bukan sekadar tentang menulis artikel di blog dan mempublishnya saja. Tapi lebih dari itu.

Jika teman-teman ingin blog atau website yang teman-teman bangun benar-benar tumbuh dan mempunyai banyak pembaca serta dapat mengonversi leads, teman-teman harus melakukan lebih dari sekedar menulis artikel di blog.

Berikut ini adalah beberapa hal yang harus teman-teman lakukan setelah menulis artikel di Blog.

Hal-hal yang disampaikan ini bisa menjadi strategi content marketing bagi blog teman-teman.

Menanggapi kemungkinan adanya komentar

Setelah teman-teman menulis sebuah artikel di blog dan mempublishnya, hal selanjuntnya yang perlu teman-teman perhatikan adalah membalas komentar pembaca pada artikel tersebut.

Ini adalah cara yang tepat bagi teman-teman untuk benar-benar terhubung dengan audience teman-teman, menjawab pertanyaan mereka dan berinteraksi dengan mereka.

Kenyataan yang perlu teman-teman sadari adalah sangat sulit sekali artikel kita mendapat sebuah komtentar, bahkan bisa menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk sebuah artikel mendapat komentar, namun jika ada satu komentar yang sudah muncul, pastikan untuk menanggapinya.

Membalas komentar dapat membantu meningkatkan jumlah komentar di artikel teman-teman dan lain-lain.

Jika komentar mereka tidak ditanggapi, mereka mungkin tidak akan memberikan komentar lagi dan bahkan dapat meninggalkan blog atau website teman-teman untuk menemukan jawaban mereka di tempat lain.

Selalu perbarui konten

Membuat upgrade atau pembaruan konten mempunyai banyak keuntungan.

Suatu artikel memang penting untuk membahas suatu topik sampai tuntas. Namun kadang-kadang teman-teman tidak ingin membanjiri pembaca teman-teman dengan posting blog yang panjang karena banyak orang ingin menemukan informasi yang mudah dicerna.

Jika teman-teman tidak ingin membanjiri audiens teman-teman maka teman-teman dapat menawarkan upgrade konten.

Upgrade konten akan memberikan audiens teman-teman pilihan untuk mengetahui informasi lebih lanjut atau apakah mereka senang dengan informasi yang diberikan dalam artikel yang disugguhkan pada blog atau website teman-teman.

Biasanya upgrade konten berisi panduan yang lebih lengkap dalam membuat atau menjalankan sesuatu.

Tidak hanya membantu menawarkan pembaca teman-teman informasi yang lebih lengkap, tetapi juga akan membantu untuk membangun email list teman-teman.

Teman-teman bisa membuat ebook untuk upgrade konten teman-teman.

Posting link teman-teman saat mengirim email ke email list teman-teman.

Salah satu hal yang paling penting yang harus teman-teman lakukan setelah menulis artikel di blog atau website adalah untuk mengirimkannya ke email list teman-teman.

Kontak yang ada dalam daftar email teman-teman sudah berada di warm traffic, dengan kata lain mereka sudah tertarik pada apa yang teman-teman tawarkan karena mereka sudah mendaftar ke email list teman-teman.

Hali ini dapat membantu traffic ke blog atau website teman-teman.

Desain email ini tidak harus sesuatu yang kompleks; bisa saja email teks yang sangat sederhana dengan beberapa link mengarahkan email list teman-teman ke artikel baru teman-teman.

Atau, teman-teman juga bisa mengombinasikan dengan penawaran yang lain dari bisnis teman-teman yang berhubungan dengan artikel teman-teman.

Aktif berdiskusi dalam forum dan facebook groups

Sebelum teman-teman mulai posting link blog teman-teman di forum, penting untuk aktif terlebih di forum tersebut sebelum memposting link tersebut.

Jika teman-teman mencoba dan posting link dan mempromosikan agenda teman-teman sendiri sebelum menjadi anggota aktif, maka teman-teman mungkin bisa dilarang di forum tersebut.

Temukan beberapa forum yang relevan dengan artikel atau bisnis teman-teman, lalu bergabung dalam pada diskusi tanpa posting link atau mempromosikan diri sendiri.

Setelah teman-teman telah aktif berkomentar pada forum, maka teman-teman dapat mulai berbagi link ke posting blog atau website teman-teman asalkan masih tetap berhubungan dengan pembahasan di forum tersebut.

Tempat lain yang bagus untuk berbagi artikel blog atau website teman-teman adalah dalam Group Facebook.

Caranya sama dengan posting blog di forum, teman-teman jangan langsung memposting link artikel teman-teman.

Terus pantau peringkat

Terakhir, setelah teman-teman menulis artikel di blog atau website, teman-teman harus memantau peringkat artikel yang teman-teman buat di google.

Teman-teman bisa mengecek artikel teman-teman apakah masuk dalam halaman pertama pencarian organik google dengan search kata kunci yang telah teman-teman targetkan sebelumnya.

Selain itu, long tail keyword atau kata kunci panjang yang teman-teman pakai dalam artikel juga tidak akan memiliki efek pada peringkat secara langsung, namun tetap penting untuk melacak dan memantau artikel tersebut.

Teman-teman dapat melacak dan memantau bagaimana peringkat artikel teman-teman dalam beberapa minggu atau beberapa hari, jangan setiap hari.

Peringkat ini bisa berubah-rubah, namun jika dalam waktu yang cukup lama peringkat artikel teman-teman kurang memuaskan, mungkin teman-teman menargetkan kata kunci yang kurang pas, terlalu sulit untuk para pengguna internet, atau kata kunci yang teman-teman gunakan terlalu kompetitif.

Jika hal ini terjadi, teman-teman dapat kembali ke artikel blog atau website teman-teman dan mengeditnya menggunakan kata kunci yang kurang kompetitif lain dan periksa kembali lagi dalam beberapa minggu.

Jika teman-teman mengikuti langkah-langkah di atas setelah menulis artikel di blog, teman-teman akan mulai melihat lebih banyak traffic menuju ke blog atau website serta peningkatan keterlibatan audience.

Hal ini sangat berguna untuk menentukan strategi digital marketing teman-teman selanjutnya, yaitu menawarkan sesuatu yang lebih bagi pembaca blog teman-teman.

Bagi teman-teman yang mempunyai blog atau website, apakah teman-teman sudah menjalankan beberapa langkah di atas?  Jika sudah, teman-teman bisa berbagi pengalaman teman-teman pada kolom di bawah ini.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Beberapa Hal Ini Wajib Dilakukan Setelah Menulis Artikel Blog"