Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli

Berikut definisi hubungan internasional menurut beberapa ahli yang dapat kamu jadikan referensi, semoga bermanfaat :

Foto dari Halokampus.com

Charles A.Mc Crelland : Hubungan internasional adalah studi tentang keadaan-keadaan relevan yang mengelilingi  interaksi.

Warsito Sunaryo : Hubungan internasional merupakan studi tentang interaksi antara jenis kesatuan-kesatuan sosial tertentu, termasuk studi tentang keadaan relevan yang mengelilingi interaksi.

Adapun yang dimaksud dengan kesatuan-kesatuan sosial tertentu bisa diartikan sebagai : negara, bangsa maupun organisasi negara sepanjang hubungan bersifat internasional.

Tygve Nathiessen : Hubungan internasional merupakan bagian dari ilmu politik dan karena itu komponen-komponen hubungan internasional, organisasi dan administrasi internasional dan hukum internasional.

Mohtar Mas’oed : Hubungan internasional sangat kompleks karena di dalamnya terlibat bangsa-bangsa yang masing-masing berdaulat sehingga memerlukan mekanisme yang lebih rumit daripada hubungan antar kelompok manusia di dalam suatu negara. Ia juga sangat kompleks karena setiap hubungan itu melibatkan berbagai segi lain yang koordinasinya tidak sederhana.

Sprout & Sprout (1962) : Studi hubungan internasional membahas mengenai aktor-aktor (negara, pemerintah, pemimpin, diplomat, masyarakat) yang bertujuan mencapai maksud-maksud tertentu (sasaran, tujuan, harapan) dengan menggunakan sarana-sarana (seperti diplomasi, pemaksaan, persuasi) yang dikaitkan dengan power atau kapabilitasnya.

Robert Strausz-Hupe dan Stefan T. Possony : Studi hubungan internasional mempelajari hubungan timbal balik antar negara, serta mengkaji tindakan anggota suatu masyarakat yang berhubungan dengan, atau ditujukan kepada masyarakat negara lain.

Charles McClelland : Hubungan internasional didefinisikan sebagai sebuah studi mengenai semua bentuk pertukaran, transaksi, hubungan, arus informasi, serta berbagai respon perilaku yang muncul di antara dan antar masyarakat yang terorganisir secara terpisah, termasuk komponen-komponennya.

J. C. Johari : Hubungan internasional adalah suatu studi tentang interaksi yang berlangsung di antara negara-negara berdaulat, di samping itu juga studi tentang pelaku-pelaku non-negara (non-state actors) yang perilakunya memiliki impak terhadap tugas-tugas negara bangsa.

Trygue Mathisen, dalam bukunya Methodology in the Study of International Relations, seperti yang dikutip oleh Suwardi Wiriaatmaja (1971) mencatat bahwa istilah hubungan internasional mempunyai beberapa arti, yaitu sebagai berikut:

  • Suatu bidang spesialisasi yang meliputi aspek-aspek internasional dari beberapa cabang ilmu pengetahuan.
  • Sejarah baru dari politik internasional.
  • Semua aspek internasional dari kehidupan sosial umat manusia, dalam arti semua tingkah laku manusia yang terjadi atau berasal dari suatu negara dapat mempengaruhi tingkah laku manusia negara lain.
  • Suatu cabang ilmu pengetahuan yang berdiri sendiri (district disiplin), atau dengan kata lain bukan merupakan cabang ilmu pengetahuan tertentu.


John Houston (1972) : Hubungan internasional merupakan sebuah studi yang membahas tentang interaksi di antara anggota-anggota dalam komunitas internasional atau mengenai tingkah laku aktor-aktor yang beroperasi dalam sistem politik internasional.

Jadi apakah itu definisi baku mengenai ilmu hubungan internasional sampai sekarang masih menjadi pertanyaan besar yang masih diperdebatkan. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Definisi Hubungan Internasional Menurut Para Ahli"